Kamis, 08 Juni 2017

Cara meninggikan badan secara alami dan cepat

Cara meninggikan badan yang benar adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan oleh rangka tulang badan untuk lebih tinggi dan pola hidup yang sehat. Tentu saja ada batasan yang harus pahami yaitu tentang genetika, keturunan dan lingkungan sekitar.

Apakah anda memiliki riwayat orang tua yang berbadan tinggi atau atau badan pendek (rendah). Jika orang tua anda badannya tinggi dan anda dilahirkan tinggi itu masih wajar sebab faktor keturunan mempengaruhi sekitar 60% sampai 80% postur badan anda.

Bagaimana jika anda memiliki kedua orang tua rendah? apakah masih bisa tinggi? jawabanya tentu saja masih bisa. Kemungkinan selain faktor keturunan dan DNA dari kedua orang tua harapan anda untuk meninggikan badan sekitar 20% sampai 40%.

Ada faktor penunjang anda lainnya yaitu dengan pola diet yang sehat dan benar, menjaga kesehatan, memperbanyak olahraga khusus untuk meninggikan badan dan waktu tidur (istirahat) yang mencukupi.

Usia

Bagaimanapun anda berusaha untuk meninggikan badan, jika sudah melewati batas maksimal badan untuk tumbuh lebih. maka sangat sulit bahkan mustahil bagi badan anda untuk bertambah tinggi. berapa usia maksimal badan tidak bisa tinggi lagi? yaitu usia 20 tahunan. usia 20, 21, 22, 23 dan seterusnya memang tidak diketahui batas yang tepat. tapi menginjak usia tersebut badan anda sulit untuk tinggi.

Metode meninggikan badan

Ada metode atau cara yang dapat anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari agar badan cepat tinggi dan tentu saja cara ini alami tanpa efek samping dan tanpa menggunakan obat-obatan yang berbahaya kecuali diresepkan oleh dokter.

Metode pola makan yang seimbang dan sehat

Metode pola makan seperti ini tidah hanya membuat badan anda tinggi inci demi inci, tetapi juga membuat tubuh anda lebih sehat dan tidak mudah sakit.

1. Suplemen atau obat sesuai resep dokter

Anda tentu sudah sering mendengar tentang suplemen atau obat peninggi badan yang katanya ampuh,cepat dan secara instant meninggikan badan dalam sehari, seminggu, sebulan dan setahun. tentu saja dengan apa yang anda baca mempengaruhi minset dan pikiran anda dan merasa obat atau suplemen itu akan secara ajaib akan membuat badan anda tinggi.
Yang harus anda ingat bahwa jika struktur tulang anda telah menyatu, maka anda tidak akan mendapatkan tinggi badan walau 1 inci. Beberapa produk bahkan mengklaim mengandung hormon pertumbuhan manusia yang berbentuk pil dan praktis untuk anda makan. Anda harus berhati-hati, dalam hal ini tentu saja anda membutuhkan saran dari dokter apakah anda aman untuk mengkonsumsi obat peninggi badan tersebut.

2. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi

Banyak yang menghubungkan antara kalsium dengan tinggi badan walau bukti yang didapatkan memang tidak banyak. Namun walaupun begitu, mengkonsumsi makanan yang banyang mengandung kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang yang kuat dan sangat dibutuhkan segala usia baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang yang sudah berusia lanjut (orang tua).

Sumber utama kalsium bisa didapatkan dari berbagai produk olahan dari bahan susu. Kalsium sangat dianjurkan bagi remaja baik laki-laki maupun perempuan yang berusia 9 tahun sampai 18 tahun yang ingin menambah tinggi badannya minimal 3 cangkir susu kalsium tinggi per hari.

Tidak semua produk yang berasal dari susu mengandung kalsium tinggi dan aman bagi kesehatan. Anda harus menghindari produk susu yang mengandung lemak yang tinggi. yang tidak dianjurkan seperti susu cream, keju krim dan mentega.

Susu yang bermanfaat untuk meninggikan badan tentunya yang terdapat kandungan kalsium yang tinggi dan sedikit lemak. anda bisa saja membeli produk susu yang banyak dijual dipasaran atau mendapatkan kalsium alami yang terdapat pada beberapa kedelai, sayuran hijau atau jus.

3. Protein tinggi

Mengkonsumsi makanan yang terdapat protein tinggi dapat membantu badan anda lebih tinggi dan juga meperkuat tulang dan otot pada tubuh. Tentu saja kebutuhan protein setiap orang berbeda, jumlah yang disarankan bisa dikelompokkan berdasar usia, jenis kelamin dan banyaknya kegiatan dan olahraga yang anda lakukan setiap harinya.

Protein yang menyehatkan adalah protein yang sedikit mengandung lemak. Kandungan alami protein tanpa lemak bisa anda dapatkan pada tumbuhan atau sayur kacang-kacangan, telur, biji-bijian, hewan peliharaan unggas (seperti ayam,itik, burung), ikan dan hindari daging hewan yang berlemak.

4. Suplemen dan vitamin


Tidak semua vitamin dan suplemen dapat membantu pertumbuhan tulang dan sendi. Anda harus memilih vitamin yang terdapat kandungan vitamin D dan juga nutrisi seng. Suplemen maupun vitamin ada berbagai bentuk seperti pil, serbuk seperti jamu dan yang berbentuk cairan seperti sirup atau minuman suplemen. Tentu saja suplemen ini tidak selamanya aman, ada juga yang memiliki efek samping terutama yang terdapat kandungan glucosamine dan ipriforne yang dapat berpotensi berbahaya. Anda dapat meminta pertimbangan dokter dan berkonsultasi tentang suplemen yang akan anda beli.

5. Pantangan makanan asin dan berlemak

 
Berdasarkan beberapa laporan banyak pihak menyatakan bahwa makanan yang berlemak dan kadar garam kuat (asin), memiliki efek negatif dan dapat menghambat tinggi badan anda. Anda harus menghindari jenis makanan seperti itu.

6. Diet yang seimbang

Diet yang dimaksud disini bukan mengurangi porsi jumlah makanan seperti yang mungkin anda bayangkan. Anda hanya mengganti pola makan yang selama ini "asal makan" menjadi pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat adalaha pola makan yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan.

Diet bukan berarti mengurangi makanan, anda hanya harus mengganti makanan yang menurut anda enak dan kenyang menjadi menu makanan yang mengenyangkan tapi sehat. Anda harus menjauhi makanan berjenis snack, kueh yang manis, permen dan juga makanan lain yang bersifat fast food.

Gantilah makanan tidak sehat anda dengan makanan dengan gizi yang seimbang seperti dari bahan biji-bijian, ikan dan kacang-kacangan dan jenis makanan lain yang sudah dibahas sebelumnya diatas. Anda dapat melakukan kombinasi dari resep-resep yang bisa anda cari di internet.

Metode ini tentu saja belum lengkap, dilain waktu dan kesempatan akan saya tambahkan kan metode lain yang secara alami dan cepat dapat meninggikan badan anda. Anda dapat membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan tinggi badan yaitu Mitos dan fakta seputar cara meninggikan badan yang mengupas tentang cara menyesatkan yang selama ini banyak kita dengar di sekitar kita.